Google Translate

Arabic Korean Japanese >Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian DUTCH

Blog Archive

Rabu, 01 Desember 2010

5 Legenda Kapal Hantu Paling Terkenal

5. The Octavius

Walaupun sekarang dianggap lebih legenda daripada apa pun, cerita tentang Octavius tetap salah satu yang paling terkenal dari semua cerita kapal hantu. Cerita tanggal kembali ke 1775, ketika dikatakan bahwa sebuah kapal penangkap ikan paus yang disebut Herald sengaja menemukan Octavius mengambang tanpa tujuan di lepas pantai Greenland. Crewmembers dari Herald naik Octavius, di mana mereka menemukan tubuh para awak dan penumpang semua beku oleh dingin arktik.

Paling menonjol, para kru menemukan kapten kapal masih duduk di mejanya, pertengahan menyelesaikan sebuah entri log dari 1762, yang berarti telah Octavius terapung selama 13 tahun. Menurut legenda, ia akhirnya menemukan bahwa sang kapten telah mempertaruhkan untuk membuat cepat kembali ke Inggris dari Timur melalui Northwest Passage, tetapi bahwa kapal telah menjadi terperangkap di dalam es. Jika benar, ini akan berarti Octavius telah menyelesaikan bagian ke Atlantik sebagai hantu kapal, para awak dan kapten lama mati terekspos sampai unsur.


4.The Joyita

The Joyita adalah seorang nelayan dan perahu sewaan yang ditemukan ditinggalkan di Pasifik Selatan pada tahun 1955. Kapal, bersama dengan 25 penumpang dan awak, sedang dalam perjalanan ke Kepulauan Tokelau ketika sesuatu terjadi, dan tidak sampai jam kemudian bahwa Joyita terlambat dilaporkan dan upaya penyelamatan diluncurkan. Sebuah pencarian udara besar-besaran dilakukan, tapi gagal menemukan kapal yang hilang, dan tidak sampai lima minggu kemudian bahwa kapal dagang tersandung atas Joyita hanyut sekitar 600 mil dari aslinya saja.

Tidak ada tanda-tanda dari penumpang, kru, kargo, atau kehidupan rakit, dan kapal itu rusak dan daftar cukup parah ke satu sisi. Pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang menemukan bahwa radio kapal disetel untuk tanda bahaya universal, dan pencarian dari geladak menemukan tas dokter dan beberapa perban berdarah. Tak satu pun dari awak atau penumpang yang pernah terlihat lagi, dan misteri dari apa yang terjadi belum pernah terungkap. Teori yang paling populer adalah bahwa membunuh bajak laut penumpang dan melemparkan tubuh mereka ke laut, tapi klaim lain termasuk segala sesuatu dari pemberontakan dan penculikan penipuan asuransi.

3. The Lady Lovibond

Inggris memiliki tradisi panjang legenda tentang hantu kapal, dan Lady Lovibond ini mungkin yang paling terkenal. Sebagai jalan ceritanya, Lady Lovibond kapten, Simon Peel, baru saja menikah, dan memutuskan untuk membawa kapal di atas sebuah kapal pesiar untuk merayakannya. Dia membawa pengantin barunya sepanjang-akan berlangsung lama pelayaran terhadap keyakinan bahwa membawa seorang wanita di papan perahu adalah nasib buruk-dan berlayar pada 13 Februari 1748. Sayangnya untuk Peel, mate pertamanya juga jatuh cinta dengan istri barunya, dan setelah menonton perayaan, orang menjadi marah dan kewalahan dengan kecemburuan dan sengaja mengarahkan perahu ke Goodwind mematikan Sands, sebuah bar pasir terkenal karena menyebabkan kecelakaan kapal.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlTMbJMG9P6LfQCrlyV3Rh0SYySAC-4CQeR8LkBuMMQTHNdLlqDZ-P_MLajDD_xkpMD3VutChKZTJciNnljzNzKnDFpxkGh_CbD0JWbpKRTWenggQhf1aSYlzHUS6RgrnxDvvDaGZW5oc/s400/Lady+Lovibond.jpg
Lady Lovibond tenggelam, menewaskan semua penumpang. Sebagai legenda berjalan, sejak kecelakaan Lady Lovibond dapat dilihat berlayar di perairan sekitar Kent setiap 50 tahun. Hal ini terlihat pada tahun 1798 oleh beberapa kapten kapal yang berbeda, serta pada tahun 1848 dan 1898, ketika itu seharusnya tampak begitu nyata bahwa beberapa kapal, berpikir itu sebuah kapal dalam kesusahan, sebenarnya dikirim rakit untuk membantu itu. Lady Lovibond kembali terlihat pada tahun 1948, dan sementara tidak ada penampakan dikonfirmasi pada tahun terakhir di tahun 1998, terus menjadi salah satu yang paling terkenal legenda kapal hantu di Eropa.

2.The Mary Celeste

Tidak diragukan lagi yang paling terkenal dari semua kehidupan nyata hantu kapal, Mary Celeste adalah kapal dagang yang ditemukan gelandangan dan terapung-apung di Samudera Atlantik pada tahun 1872. Kapal itu dalam kondisi layak laut, dengan segala layar masih terjaga dan toko penuh makanan dalam kargo, tapi hidupnya perahu, kapten buku log dan, yang lebih penting, seluruh kru, menghilang secara misterius. Tidak ada tanda-tanda perjuangan, dan barang-barang pribadi dari kru dan kargo dari lebih dari 1500 barel alkohol tersentuh, tampaknya mengesampingkan kemungkinan pembajakan sebagai penjelasan. Pada tahun-tahun sejak penemuan aneh, sejumlah teori telah diusulkan mengenai kemungkinan nasib kru Mary Celeste.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSpyYA1kII4rYWExvvnmohYPmj4veqn8tsKtFWB-Rek43jMuFYnrwjh0Ql_JoqEQUqJwqpdHfNzk36SqTaXpQ7EGxpuFmdLLtvEpUely2ccPj6OwsJYpWdYrTgWtgCFbotHwjJxNTs6g/s400/El+Mary+Celeste.jpg
Ini termasuk bahwa mereka penumpang tewas akibat puting beliung, bahwa awak memberontak, atau bahkan makan tepung yang terkontaminasi dengan jamur membawa semua penumpang untuk berhalusinasi dan menjadi gila. Teori yang paling mungkin tetap bahwa badai atau beberapa jenis masalah teknis memimpin sebelum waktunya meninggalkan kru untuk kapal dalam sekoci, dan bahwa mereka kemudian meninggal di laut. Namun, misteri yang mengelilingi Mary Celeste telah menimbulkan banyak spekulasi liar, dan lain-lain telah mengusulkan segalanya dari hantu ke laut monster dan penculikan orang asing mungkin penjelasan.

1. The Flying Dutchman

Maritim cerita rakyat, tidak ada hantu kapal yang lebih terkenal daripada Flying Dutchman, yang telah mengilhami banyak lukisan, cerita horor, film, dan bahkan sebuah opera. Kapal pertama kali disebutkan pada akhir 1700-an di George buku pelaut Barrington's Voyage ke Botany Bay, dan sejak itu para legenda terus tumbuh, berkat berbagai penampakan itu oleh nelayan dan pelaut. Sebagai cerita, si Flying Dutchman adalah kapal keluar dari Amsterdam yang dikapteni oleh seorang pria bernama Van der Decken. Kapal itu membuat jalan menuju Hindia Timur ketika menghadapi cuaca yang berbahaya di dekat Tanjung Harapan.
http://img261.imageshack.us/img261/6164/flyingdutchman.jpg
Bertekad untuk persimpangan, Van der Decken seharusnya menjadi gila, membunuh pasangan yang pertama, dan bersumpah bahwa ia akan melintasi Cape, "bahkan jika Tuhan akan membiarkan aku berlayar ke Judgment Day!" Walaupun usaha terbaik, kapal tenggelam di badai, dan sebagai legenda berjalan, Van der Decken dan kapal hantu sekarang dikutuk untuk berlayar lautan untuk selama-lamanya. Sampai hari ini, Flying Dutchman yang terus menjadi salah satu yang paling berpandangan dari semua kapal hantu, dan orang-orang dari nelayan laut dalam kepada Pangeran Wales memiliki semua mengklaim telah melihatnya membuat yang tak pernah berakhir perjalanan menyeberangi lautan.
»»  Read more...

Centralia Kota Pintu Neraka

sebuah kebakaran kecil di Centralia (Pennsylvania) merembet kedalam gua batubara di bawah kota. Bulan Mei 1962, Dewan Borough Centralia mempekerjakan lima anggota pemadam sukarela membersihkan tempat pembuangan sampah kota, yang terletak di tambang tua sebelah Pemakaman Odd Fellows. Pembersihan tersebut seharusnya dilakukan pada Hari Peringatan di tahun sebelumnya, tetapi pada tahun sebelumnya tempat pembuangan sampah berada di lokasi yang berbeda.



http://www.blogcdn.com/www.joystiq.com/media/2006/04/centraliapa_realsilenthill.jpg

Si pemadam, yang telah dilakukan pada masa lalu, membakar sampah-sampah, membiarkannya sementara waktu, dan memadamkannya, itulah yang mereka kira. Sebenarnya, kebakaran tersebut masih terjadi di bagian terendah tumpukan sampah dan menyebar melalui sebuah lubang yang menuju tambang batubara yang ditinggalkan di bawah Centralia. Segala cara memadamkan api tidak berhasil, dan api itu terus membakar sepanjang 1960-an dan 1970-an. Dampak kesehatan dilaporkan terhadap beberapa penduduk karena karbon monoksida yang dihasilkan.
http://www.treehugger.com/centralia.jpg

http://www.dogbreedinfo.com/images21/BrunoBoxerPuppy47WeeksCentralia1.jpg
Tahun 1979, penduduk lokal menjadi khawatir meningkatnya masalah tersebut ketika seorang pemilik pom bensin memasukkan tongkat ke salah satu tangki minyak bawah tanah untuk mengecek tinggi bahan bakar. Ketika ia memasukkannya, terasa panas, sehingga ia menurunkan termometer dengan seutas tali dan terkejut bahwa temperatur bensin di tangki adalah 172 derajat Fahrenheit (77.8°C. Perhatian negara bagian terhadap kebakaran mulai meningkat, terutama pada 1981 ketika anak berusia 12 tahun Todd Domboski jatuh ke lubang berlebar 4 kaki sedalam 150 kaki (45 meter) yang tiba-tiba membuka di bawah kakinya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbBs5eE_lzNym8KhwE0NNqt8hlmNK7QfKUDONLIVC96MJCPU6DhNbqJsFBlwgIFUq8PXq9UYePNotK7N0i5HCHJdCxcAQobvhrPRriCrDfasJnwzhXeeo_keMO91OoWw01sk1c7oKXgbNt/s400/centralia5.jpg

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtxpLZZGJXbQciQEahDd3aaUugKo7jM45tszvcAJKok4HYNfGv-NvWyiR7aUeU-NpY3SzoWeP8H6CyMPTBR56lFvjZWjzTBK5uaf4PgJFVuYtZbEIF_mLokVSiXCt7IDjkRrTK90Z0xvOn/s400/Centralia1WEB.jpg

Ia tertolong setelah saudara tertuanya menariknya dari mulut lubang sebelum ia terperosok. Insiden ini membawa perhatian nasional terhadap Centralia sementara sebuah grup investigator (termasuk seorang dewan negara bagian, seorang senator negara bagian, dan seorang direktur keamanan) sedang melakukan tur menuju rumah Domboski ketika insiden tersebut terjadi.

http://www.bytheriverblog.com/images/Murtha%20in%20Centralia.jpg

http://blog.hotelclub.com/wp-content/uploads/2008/08/centralia.jpg

Tahun 1984, Kongres mengalokasikan lebih dari $42 juta untuk relokasi. Kebanyakan penduduk menerima penawaran ganti rugi dan pindah ke kota Mount Carmel dan Ashland.
Saat ini, Centralia adalah tempat yang ditinggalkan serasa kosong dan berhantu. Api masih menyala di bawah kota dan ada batubara cukup untuk memberi makan api sampai 250 tahun lamanya.
»»  Read more...

Tarewas Voor Cinta

Beta bajalang deng mimpi sapanggal di ujung jalang,…
Kalalerang,…taputar macang apiong,….seng dapa jalang,….
Bacakar tampa voor baspull dalang hati yang su ancor talamburang,…
Takisu dalang rumpu-rumpu,…beta pung cinta seng pung tanuar,…
Tali hulaleng ika beta pung kaki,….seng bisa balari lai,….!!
Kahidupan su oleng macang parahu dapa hantang dar omba,.. pata semang,….!!
Tagantong sama deng lambayang sontong,…..seng napas,…
Mangkali, beta sala basar su tulis ale pung nama deng potlot cinta dalang hati,…..
Mangkali beta onosel,… su nganga ale pung dalang mata,…
Mangkali beta sala,… su mangkera talalu labe,…..!!
Beta cuma bisa tarima sa,….maar pikirang seng tado paskali,….
Dalang hati tatutup sama deng kamu-kamu amper malang di badang gunong,…
Kabor,…seng dapa lia apa-apa ,….dalang mulu taprop macang dapa palester,….
Seng sangka akang samua musti jadi voor bagini,…
Seng tau mau bilang voor sapa,….
Cuma bisa batanya dalang hati,….
Mangapa sampe beta pung rasa macang bagini lai,…??
Mangapa rasa saki ni balong-balong abis lai,…???
Seng tau cinta ni mau taru akang ka mana jiku…
Dalang muka seng kuat voor angka akang sadiki lai……
Seng tau beta masi bisa voor bage cinta lai kaseng,….!!
Carita cinta seng ada arti…akang cuma manis di bibir sa,…
Jantong macang dapa cincang kalo inga akang,….padis,…manganta,…
Manganta sampe dalang ulu hati,…!!!
Kalo beta bakaca,..amper voor sabang hari ale pung muka akang kantara,…
Beta su coba voor lupa samua,….maar seng bisa paskali,..
Hati seng bisa voor tabale dar ale,…
Hati ni su takandas cuma voor ale sa,….akang su tarika ancor panggal,…
Ulang paleo akang basena tarus,….seng bisa lawang,…
Tar sadar,….maar beta su tacolo dalang peci aer mata,….balandong,…!!
Mata bangka sama deng ada dapa bilolo,…..padede tar barenti,..!!
Beta cuma kunang-kunang yang talalu gampang ilang dalang bulang galap,…
Beta tau,..beta seng labe dar daong katapang karing,….
Gampang tarbang kalo anging tiop akang,….seng barguna,…!!
Kalo samua jadi ni karna beta,…beta minta ampong jua,….
Jang mara kalo beta su manyuat talalu banya,….
Jang tingkai deng beta kalo su biking ale lala hati,…!!
Tutu ale pung mata la bataria seng kanal beta voor samua orang sa,…
Bataria voor samua orang kalo beta pung nama sa ale seng tau,….
Kalo bisa,..jang cuma voor samua orang sa,…
Bataria akang voor ale pung diri lai,…voor ale pung dalang hati tu lai,…!!
Bataria kalo beta seng bole molo di ale pung dasar hati…..
Bataria lai…tarewas akang kuat-kuat…..
Tarewas,…kalo beta seng pas tarima ale pung cinta,…!!!!!!

Oleh : Chrystho Phyl
»»  Read more...

Neg’ri Salawar

Sanang apalai kalo katong hidop dalang Neg’ri yang laeng dar laeng,..
Pamarenta su parsis deng barang yang seng parna apaker,..
Lebe jao biji mata ni banganga ,..macang lebe mooi ka,..
Lebe bongkar akang panggal-panggal ,..macang lebe bagus ka,..
Ado e e,..
Beta pung Neg’ri ni seng ada lawang,..
Co mangente akang ,..lebe banya jiku ,..lebe banya lai yang bajiku ,...
Ha ha e,..paleng gaga paskali ..
Kewang hononuri deng baoplek sabarang ,..
Bapakamponang ,..
Seng tau mo kamana donci kabanarang tabawa ,..paleng talamburang ,..
Pung susa mawe akang neg’ri ni ,...skrek bamara ,....iskrek lai loga-loga ,..
Paleng susa mangarti akang ,..
Ayoo hawater ..e e ,..
Beta sampe su balupa voor batanya,...basudara dong dar Maluku lai ka ..?
Kalo iyo ,..bararti katong bado ,..!
Iko batul katong musti sanang pung Neg’ri ni,..
Bagimana seng sanang ..? musti sanang kio,..sanang deng pamarenta pung tabiat,..!
Katorang samua su tau ,..
Pung susa e bacakar Bapa raja deng Saniri neg’ri pung mura hati ,......
Bagimana seng susa basudara e ,...Bapa Raja pung kadera sa dong jual bali akang,..
Baku tawar kiri kanang,..macang orang dagang bali cengke,..
Katorang jua su tau ,..
Sakarang,..pung susa apalai bacari Bapa Raja deng saniri yang kalesang kampong...???
Maar kalo ada ,..
Mangkali cuma sapanggal sa dar samua yang katorang lia ,...
Sisa seng tau takisu kamana jiku,..
Balur dar blakang reben oto sa su jarang ,…apalai mo manjura lia kampong,..?
Sio,..orang-orang mulu pleces banya lawang,..
Su seng ada lai yang mo pastiu mangente kampong ni,..
Samua su ancor talamburang,..!
Basudara e,..katorang musti biking tugu ,..iyo..tugu kabanarang..
Biking voor kas inga ana cucu beso lusa,..
Kas inga dorang,..kalo katong neg’ri ni pung kabanarang parna takor..!

penulis ; Chrystho Phyl
»»  Read more...

Pahlawan Nasional Maluku

»»  Read more...

Senin, 29 November 2010

Asal Mula Negeri Hutumuri

Negeri Hutumuri adalah sebuah negeri adat yang terdapat di semenanjung Timur Kecamatan Leitimur Selatan. Negeri Hutumuri adalah dari golongan Pata Siwa, Suku Wemale, Kelompok Kakehan/Alifuru; Uli Moni, Aman atau Hena Orela atau Aman Wala.

Orang-Orang yang datang Mendiamai Negeri Hutumuri
Kehidupan bangsa Alifuru di masa lampau, adalah kehidupan yang berpindah-pindah tempat. Mereka selalu tinggal dengan permusuhan, antara kelompok satu dengan kelompok yang lain, kampung satu dengan kampung yang lain, dan setelah peperangan antara kelompok  Pata Siwa dan Pata Lima yang merambah dari Ternate dan Tidore ke Nusa Manutura Huti (Nusa Ina) maka banyak Kapitan dan Malesi ke luar dari Nusa Manutura Huti (Nusa Ina) mencari tempat bermukim di pulau-pulau kecil, termasuk Nusa Apono atau Nusa Ambwan atau Ambon ini. Kira-kira di tahun 1300-1400, sudah ada manusia yang datang dari  Nusa Ina, dan menduduki petuanan Negeri Hutumuri pada waktu itu, dari sifat Negeri Rutong sampai di batas negeri Hitu, Halong dan Suli. Menurut cerita orang tua-tua, bahwa marga-marga yang datang pertama dan mendiami petuanan Negeri Hutumuri pada waktu itu, ialah marga yang terdapat kata <span>Matua</span> dari mukai, misalnya: Matuankotta, Matuahitimahu, Matualatupau. Kata Matua, artinya mata rumah tua, atau mata rumah pertama.
Orang-orang yang datang itu mereka tinggal sebagai <span>mata rumah</span> yaitu baru satu keluarga. Kemudian menjadi <span>mata rumah tau</span>, yaitu sudah ada beberapa keluarga tinggal dalam satu rumah, kemudian menjadi sebuah Huku, artinya sudah sudah ada beberapa rumah. Dalam persekutuan mata rumah <span>Huku</span>, belum ada seorang pempimpin yang memimpin mereka. Mereka dipimpin hanya oleh seorang yang dituakan. Karena perkembangannya, rumah dan keluarga makin bertambah, lalu mereka membangun sebuah persekutuan yang disebut <span>Soa</span>. Soa atau Sual artinya: terbagi-bagi. Juga Soa artinya: kepala, yaitu ada seorang yang diangkat menjadi kepala atau pimpinan untuk memimpin mereka. Pimpinan di Soa itu disebut Kepala Soa, atau <span>Upu Latu</span>, yang dipilih untuk menjadi Upu Latu, harus dari rangk Kapitan. Juga dipilih dari kapitan. Seorang yang akan jadi Maueng/Aman Upu atau Tuan Tanah dan seroang lagi untuk mendampingi Upu Latu menjalankan tugas pemerintahan. Dipilih juga seorang dari Malesi sebagai Marinyo. Tugasnya membantu Upu Latu menghubungi bala rakyat menyampaikan perintah-perintah Upu Latu.
Tugas Upu Latu dan Kapitan pendamping untuk mengatur dan memimpin rakyatnya dalam berbagai pekerjaan, mengatasi berbagai perselisihan dan bertindak sebagai pemerintah yang perintah dalam penanganan seluruh kampung.
Maueng/Aman Upu/Tuan Tanah ialah menjalani tugas-tugas adat, menjaga dan memelihara hukum-hukum adat yang berlaku. Setelah kampung soa dibangun harus ada rumah Baileu dan batu pamali.
Jadi Upu Latu, Kapitan pembantu, Maueng dan Marinyo ini adalah Badan Saniri Soa.

Oleh : willn094
sumber : Jacob Leiwakabessy..
 
»»  Read more...

Pages