Google Translate

Arabic Korean Japanese >Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian DUTCH

Blog Archive

Selasa, 17 Mei 2011

Tahukah Anda Dampak Negatif Polusi Cahaya


polusi cahaya Di balik keindahan gemerlap lampu di mana2, ternyata menimbulkan efek yang cukup memprihatinkan. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa yang di maksud dengan polusi cahaya, saya yakin pembaca masih ada yang belum paham,Polusi cahaya adalah konsekuensi dari teknologi yang diakibat oleh penyinaran sumber cahaya yang pada umumnya adalah lampu dan sejenisnya. Hal itu menyebabkan polusi udara yang terjadi di beberapa tempat.
Beberapa Efek Negatif Dari Dampak Polusi Cahaya :
Sekarang Komplek Observatorium Bosscha di Lembang mengalami masalah dalam malaksanakan tugasnya melakukan pengamatan bintang. Hal ini dikarenakan oleh Cahaya-cahaya lampu yang berasal dari kota Bandung dan desa kecil lembang. Bintang menjadi tampak berkedip cepat berkas cahayanya, hal ini menandakan turunya kulaitas cahaya pada suatu waktu.
Cahaya buatan dari gedung-gedung pencakar langit telah mengecoh penginderaan burung-burung sehingga banyak burung yang mati menabrak dinding ataupun kaca gedung tersebut, hal ini terjadi di Toronto , lebih dari 1000 ekor dari 89 spesies mati hanya dalam kurun waktu 3 bulan.
Penyu yang hendak bertelur Yang biasanya mencari pantai gelap semakin sulit mencari tempat yang tepat akibat pemukiman di pinggir pantai.
Burung-burung dalam keluarga blackbird dan Bulbul di Amerika berkicau pada jam-jam yang tidak tepat akibat cahaya artifisial.
Populasi Angsa bewick yang menghabiskan musim panas di Inggris menjadi gemuk lebih cepat, mendorong mereka migrasi ke siberia lebih awal.
Penelitian baru telah menunjukkan hubungan antara kejadian kenker payudara yang lebih tinggi pada perempuan yang pada malamnya berada dalam kondisi cahaya.
Planet planet yanng biasanya tampak pada saat matahari terbenam maupun terbit mulai sirna.
Pemborosan energi jika digunakan secara berlebihan.
Yang terpenting hilangnya keindahan malam, yang dahulu diisi dengan bintang,planet dan galaksi diantara lautan kegelapan pekat.
Salah satu cara menanggulanginya adalah dengan cara menggunakan lampu seefektif mungkin dan memakai lampu yang tepat, seperti menngunakan lampu yang bertudung di jalan-jalan sehingga cahayanya tidak menyebar kemana-mana , jangan lupa memakai lampu yang hemat energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages